Kamis, 23 Juli 2009

Songsong Agung:Pusaka Kabupaten Wonosobo

Gambar di sebelah ini adalah Gambar Songsong Agung dan replika Tombak Kolowelang pusaka Kabupaten Wonosobo.Dalam setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonosobo yang ditasbihkan pada tiap Tanggal 24 Juli, kedua benda ini dijamas dan menjadi bagian dari acara prosesi hari jadi Kabupaten Wonosobo.Tombak Kolowelang sendiri tinggal replika sedangkan yang asli konon dipercaya telak moksa dan tidak mau dipegang oleh manusia lagi.
Malam hari sebelum esok Songsong Agung dan replika Tombak Kolowelang di kirab ke Alun-alun , diadakan acara ritual khusus dengan tujuan antara lain membersihkan dan melihat kondisi keduanya sebelum dikirab. Prosesi ini biasanya dilakukan setelah prosesi ritual di Alun-alun selesai dilakukan. Keesokan harinya kedua benda pusaka ini dikirab dalam rangkaian hari jadi di Alun-alun (Birat Sengkolo)


Songsong Agung ini apabila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia ialah Payung Kebesaran. Payung ini melambangkan kekuasaan para Penguasa di jaman dulu. Apabila jika ada serangan musuh hingga Payung Kebesaran dapat direbut musuh maka pertanda kekuasaan Penguasa tersebut akan tumbang.
Secara makna sebenarnya Songsong Agung merupakan simbol dari harapan dan doa. Fungsi sebuah payung adalah mengayomi sehingga diharapkan penguasa wilayah tersebut mampu mengayomi seluruh rakyat yang berada di bawah pemerintahannya. Menjadi perlambang doa yaitu agar rakyat dan wilayah tersebut selalu terlindungi dan terayomi sehingga aman, makmur,sejahtera.

Beberapa kalangan tertentu mempercayai mitos bahwa Songsong Agung mempunyai ”power” yang tidak dapat dianggap remeh karena sesuai fungsi pemaknaannya adalah melindungi ”nagari”. Jika dalam penyimpanannya tidak benar atau sembarangan maka ”power” nya akan meredup sehingga penguasa yang sedang bertahta saat itu juga akan kehilangan wibawa dan dijauhi rakyat hingga akhirnya ”lengser keprabon”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jatiningjati : Different Taste and More Idealism © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO