Senin, 15 Desember 2008

MSK Pesanggrahan, Boleh Mistis Asal Kritis

Majelis Silaturahmi Keluarga Pesanggrahan dideklarasikan sekitar lima tahun yang lalu dengan motor penggeraknya para alumnus pondok pesantren dan para pemuda yang mempunyai kesamaan dalam pandangan dan pemikiran. Sebenarnya majelis ini secara de facto sudah lama ada dari sekadar berkumpul mujahadah dan diskusi akhirnya menjadi sebuah wadah kekeluargaan yang utuh..Latar belakang anggota komunitas ini sangat beragam dari umum, santri,mahasiswa, maupun pelajar. Arti dari Pesanggrahan sendiri adalah tempat untuk beristirahat dan berkumpul. Pesanggrahan dalam hal ini merupakan sanepo yang berarti bahwa manusia pada dasarnya hanya hidup sebentar mampir ngombe dan sebagai manusia sudah semestinya kita mempererat tali silaturahmi antar sesama.

Kegiatan Majelis Silaturahmi Keluarga Pesanggrahan sangat beragam, antara lain kegiatan Mujahadah bersama, diskusi, ziarah, pencinta alam,bursa buku, bedah buku, pemberdayaan ekonomi, gerakan anti narkoba,dan masih banyak yang lain. Pada intinya semua kegiatan yang bermanfaat baik kegiatan keagamaan maupun non keagamaan asalkan positif direngkuhnya.Nilai kebersamaan adalah pokok kunci dalam setiap kegiatan yang dilaksanankan.”Just for fun” dan “serius tapi santai” itu menjadi salah satu syarat munculnya sebuah kegiatan dan dalam pelaksanaannya Majelis Silaturahmi Keluarga Pesanggrahan terbuka untuk bekerjasama dengan semua pihak tanpa melihat aliran maupun bendera. Kalau ikhlas dan semangat mari berjalan sama-sama.


Ada yang menarik dalam komunitas ini. Mereka kebanyakan mempunyai hobby yang sama yaitu “berburu hantu”. Bukan bermaksud menyaingi Tim Pemburu Hantu yang sudah ada, namun rekan-rekan kita di Pesanggrahan ini banyak yang dibekali sedikit ilmu dari Allah untuk membantu mereka yang membutuhkan. Namun ada batasan-batasan yang harus dijaga yaitu tidak melangkah ke syirik dan sadar se sadar-sadarnya bahwa semua yang dilakukan hanyalah sekedar ikhtiar, di atas langit masih ada langit. Pada beberapa waktu yang lalu Majelis ini mengadakan diskusi tentang Orang Jawa, Jimat, dan Makhluk halus pada diskusi Lesehan Pikiran Orang Cilik (Le Poci), seru dan menegangkan karena disana membuka kesempatan bagi rekan-rekan lain untuk bertanya dan juga ada life performance kesurupan. Don`t try this at home kata para peserta diskusi. Yang penting jangan terlalu takut dengan fenomena seperti ini karena sangatlah lumrah terjadi pada lingkungan kita dimana ada dua alam yaitu alam manusia dan alam jin. So what gitu loh. Bukankah setan memang musuh yang nyata bagi manusia? Kalau masih anggap hal metafisika adalah barang aneh, temui saja rekan-rekan Majelis Silaturahmi Keluarga Pesanggrahan ini, sebenarnya biasa aja kok. Makanya stop lihat sinetron mistis di televisi,banyak boongnya. Pokoknya Boleh Mistis Asal Kritis. Perbedaan pendapat? Boleh saja asal tidak saling adu otot.

Jangan bayangkan komunitas ini orangnya serem-serem,memang ada beberapa yang menakutkan tapi yang oke lebih banyak. Pokoknya gaul. Dalam semua kegiatan yang dilaksanakan peran dari sesepuh dan pembina sangat dijunjung tinggi. Majelis Silaturahmi Keluarga Pesanggrahan mempunyai pelindung dan pembina baik dari sesepuh Kyai baik dari Wonosobo maupun luar daerah, juga dari para pembina yang dianggap bisa dipergunakan tausiyahnya. Jadi dalam perjalanannya tetap memakai rambu-rambu yang jelas.

Harapan ke depan, majelis silaturahmi ini bisa mempunyai andil aktif dalam kemaslahatan umat dan bisa berbaur dengan semua komunitas maupun elemen untuk membangun masyarakat yang beriman dan sejahtera tanpa ada syak wasangka dan iri dengki. Majelis Silaturahmi Keluarga Pesanggrahan hanya akan berarti jika mampu mewujudkan sikap ikhlas dalam setiap langkah kegiatannya. Mau bertukar pikiran ? Silakan e-mail ke jatiningjati@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jatiningjati : Different Taste and More Idealism © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO